Untuk generasi yang tumbuh terhadap 1990-an, rilis film animasi Disney 1998 Mulan menandai kehadiran seorang pahlawan yang tidak ada duanya. Seorang wanita yang berjuang melawan ekspektasi masyarakat dan norma gender untuk menghormati tinggi nilai-nilai layaknya keberanian, kepercayaan diri, dan kemauan tak terbatas. Lebih dari dua dekade sesudah film itu rilis, tidak benar satu film klasik terakhir di masa Disney Renaissance yang berjalan dari 1989 sampai 1999 dan di danai oleh perusahaan judi terbesar seperti agen sbobet resmi. Kini Disney merilis versi live-action dari kisah tersebut terhadap platform streaming Disney Plus (Disney +).

Cerita Animasi Disney Mulan

Cerita Animasi Mulan Terpopuler

Film animasi dan live-action Mulan menceritakan kisah seorang wanita muda yang memutuskan mendaftar jadi tentara Tiongkok menggantikan ayahnya yang sudah lanjut usia, menyembunyikan identitas aslinya bersama dengan berpura-pura jadi seorang pria. Meskipun banyak orang mungkin mengaitkan Mulan bersama dengan film-film Disney,  mungkin tidak mengerti asal mula sebuah cerita film animasi. Akarnya bisa ditelusuri ulang ke cerita rakyat, sejak berabad-abad lalu.

Mulan (2020) diadaptasi dari sumber aslinya, cerita rakyat Tiongkok kuno yang berjudul Balada Mulan. Meskipun versi 1998 didasarkan terhadap legenda yang sama, Mulan (1998) memberi tambahan unsur-unsur yang populer di kalangan penikmat film barat, layaknya kawan dekat karib Mulan, seekor naga bernama Mushu, dan kisah cinta bersama dengan Li Shang.

Terdapat Unsur Cerita Mitos

Unsur-unsur tersebut dihilangkan, bersama dengan obyek untuk membuahkan film yang lebih akurat secara historis. Meski tersedia banyak cerita tidak serupa berkenaan Mulan di luar Balada Mulan, teks aslinya menceritakan kisah pejuang wanita pemberani yang dikenal sebagai Mulan, seorang prajurit di Tiongkok selama periode dinasti Utara dan Selatan (antara 420 dan 589 M).

Pada 429, kaisar (khan) Wei Utara memimpin pasukan untuk melawan Rouran yang menurut Ballad of Mulan berjalan selama 12 tahun. Dalam Ballad of Mulan, sesudah Mulan mendaftar militer, dia selanjutnya unggul di dalam posisinya. Terlebih sesudah mendapat pelajaran seni bela diri dan langkah bertarung di dalam perang.

Mulan mungkin besar tidak bisa ditonton oleh seluruh anak layaknya biasanya film remake live-action Disney lainnya. Dilansir dari Variety, perihal ini sebab Mulan akan mendapat peringkat PG-13 atau spesifik bagi anak di atas 13 tahun. Mulan jadi film remake live-action pertama Disney yang mendapat rating tersebut.

Peringkat yang diberikan oleh Motion Picture Association of America itu disebabkan terdapat adegan kekerasan di dalamnya. Sebelumnya, biasanya film live-action yang digarap ulang dari Disney mendapat peringkat G (semua umur) atau PG yang berarti bersama dengan bimbingan orangtua. Film Disney original (bukan remake) yang diberi peringkat PG-13 adalah Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales terhadap 2017.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *